Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Bekal Sebagai Sekwan, Pengamat: Lalu Aria Dharma Peluang Menang Pilwakot Mataram 2024

Ilustrasi

Jakarta, Bimakini.- Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) telah menyelesaikan survei untuk mengukur elektabilitas dan popularitas bakal calon Walikota Mataram. Survei LKPI ini melibatkan 1250 warga Kota Mataram yang tersebar di 50 Kelurahan di Kota Mataram secara proposional, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024.

Penarikan data dalam survei ini mengunakan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error -/+2,77 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan sejak 11-22 Juni 2024.

Direktur Eksekutif LKPI, Togus Lubis, mengatakan untuk hasil survei di Kota Mataram misalnya, LKPI menemukan fakta menarik terkait keinginan warga Kota Mataram dalam memilih walikotanya. Dimana hampir 63,8 persen menginginkan tokoh baru untuk memimpin Kota Mataram dan sebanyak 28,9 persen menginginkan walikota dan wakil walikota petahana untuk melanjutkan kepemimpinan di Kota Mataram dan sebanyak 7,3 persen tidak menjawab.

Terkait tingkat kepuasan warga Kota Mataram terhadap tata kelola warga dan Kota Mataram yang dijalankan Pemkot Walikota, sebanyak 64,3 persen tidak puas dengan tata kelola Kota Mataram yang dijalankan oleh Walikota dan Wakil Walikota yang berkuasa saat ini. Sebanyak 31,8 persen puas dan 3,9 persen tidak.

Untuk tingkat elektabilitas dengan simulasi terbuka dengan mengajukan pertanyaan. Seandainya pemilihan Walikota Mataram dilaksanakan hari ini. Siapa calon Walikota yang akan bapak ibu pilih?.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Hasilnya nama Lalu Aria Dharma yang menjabat sebagai Sekretaris Dewan menjadi tokoh yang paling banyak diinginkan untuk memimpin Kota Mataram, dimana tingkat keterpilihan secara Top of Mind mencapai 25,8 persen, di urutan kedua Walikota Mataram Mohan Roliskana dipilih sebanyak 21,7 persen, Wakil Walikota Mataram TGH Mujiburrahman dipilih 17,9 persen, Hj. Putu Selly Andayani 8,7 persen,,” kata Togu dalam keterangannya, Rabu (26/6/2024).

Togu menyebutkan, Ketua DPRD Kota Mataram, Didi Sumardi 4,8 persén, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Mataram, Abd Rahman dipilih sebanyak 2,8 persen dan Direktur RSUD Provinsi NTB, dr HL Herman Mahaputra 2,4 persen dan tokoh lainnya dibawah 1 persén

Dalam simulasi tertutup dengan diajukan 6 nama bakal calon Walikota Mataram, diantaranya H. Mohan Roliskana, TGH Mujiburrahman, Hj. Selly Andayani, H. Muzihir, Lalu Aria Dharma dan Abd Rahman. Dengan diberikan pertanyaan tokoh mana yang jadi pilihan anda sebagai Walikota Mataram jika pilwako digelar hari ini?. Hasil tabulasi dari pengumpulan pilihan di kuisioner yang dibagikan pada 1250 responden, hasilnya Lalu Aria Dharma dipilih sebanyaknya 30,7 persen. Di urutan kedua H. Mohan Roliskana 26,6 persen. Kemudian TGH Mujiburrahman 20,8 persen dan Hj. Selly Andayani dipilih sebanyak 9,3 persen, H. Muzihir 5,7 persen serta Abd Rahman 3,1 persen.

Menanggapi hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), Pengamat politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Ludiro Madu, menilai bahwa naiknya elektabilitas Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Mataram, Lalu Aria Dharma sebagai bakal calon Walikota Mataram, karena masyarakat ingin adanya perubahan dalam peningkatan ekonomi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Ya naiknya elektabilitas Sekwan DPRD Kota Mataram, Lalu Aria Dharma, karena masyarakat Mataram ingin yang berubah dan meningkatnya ekonomi untuk masyarakat,” kata Ludiro kepada awak media.

Ludiro menyebutkan, masyarakat Mataram sudah tidak melihat lagi sosok petahana saat ini, karena banyak yang ingin pemimpin yang lebih paham akan keinginan masyarakatnya dan kinerja yang membuat dampak baik untuk perubahan Kota Mataram. Hal ini menjadi peluang Lalu Aria Dharma untuk memenangkan pilwakot Kota Mataram.

“Masyarakat jenuh dengan pemimpin petahana yang kinerja dianggap kurang memperhatikan warganya dan mereka lebih cenderung pemimpin baru, seperti Lalu Aria Dharma yang menjadi pilihan masyarakat Kota Mataram, karena mereka lebih merasa sosok Sekwan itu mampu membawa perubahan bagi pembangunan Kota Mataram,” jelas Ludiro.

Menurut dia, saat ini tinggal Lalu Aria Dharma membangun kepercayaan dengan program nyata yang lebih mementingkan kebutuhan masyarakat Kota Mataram, seperti pembangunan infrastruktur, fasilitas pendidikan, prasarana umum, kesehatan, peningkatan ekonomi agar masyarakat Kota Mataram merasakan kesejahateraan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saat ini tinggal bagaimana, Lalu Aria Dharma membangun kepercayaan dengan program nyata yang lebih mementingkan kebutuhan masyarakat Kota Mataram,” ungkapnnya.

Selain itu, kata dia, sebagai Sekwan DPRD Kota Mataram, Lalu Aria Dharma memiliki pengalaman dalam segala bidang, tentunya ini menjadi modal untuk merebut suara masyarakat Kota Mataram, dan peluang menang di Pilwakot Mataram 2024 sangat besar dengan program pro rakyat.

“Sebagai Sekwan sudah modal untuk merebut suara masyarakat Kota Mataram, maka peluang menang Lalu Aria Dharma sangat besar dengan menjalani program pro rakyat,” bebernya. PUR

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Ketua Yayasan “HBK Peduli” Rannya Agustyra Kristiono angkat bicara perihal adanya sejumlah orang yang mengeklaim dirinya berasal dari relawan yang menyebut dirinya...

Politik

MATARAM, Bimakini.- Dinamika politik Bumi Gora memunculkan fenomena unik dan menarik, seiring dengan langkah sejumlah figur dan tokoh yang gagal dalam Pemilu Legislatif 2024,...

Politik

Dompu, Bimakini. – Pengamat Sosial dan Politik Kabupaten Dompu, Suherman memprediski bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 diikuti 3 (tiga) Pasangan Calon (Paslon)...

Opini

Oleh : Munir Husen Dosen  Universitas Muhammadiyah Bima Pilkada serentak akan dilaksanakan secara demokratis,impian bagi setiap WNI. KPU penyelenggara Pilkada dalam bingkai hukum Pemilu...

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik NTB, Mi6 menilai sudah saatnya para Kepala Desa di Bumi Gora tampil di panggung Pilkada NTB 2024....